Uncategorized

Warga Temanggung rintis agrowisata klengkeng

Temanggung (ANTARA News) – Warga Desa Greges, Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, merintis desa agrowisata dengan menanam pohon buah klengkeng itoh super.

Penanaman perdana klengkeng itoh super dilakukan oleh pejabat Sekda Kabupaten Temanggung Suyono di kebun warga Desa Greges di Temanggung, Senin.

Suyono mengatakan langkah terobosan penanaman klengkeng ini merupakan pemikiran yang cerdas untuk memajukan desa. “Melalui penanaman klengkeng ini kami berharap akan dapat lebih menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan kegiatan itu merupakan uji coba pengembangan buah klengkeng jenis itoh super di Temanggung dan nantinya bisa dikembangkan di desa lain.

Suyono berharap melalui pengembangan klengkeng itu, nantinya Temanggung tidak hanya menghasilkan buah durian dari Ngropoh, tetapi juga menjadi sentra klengkeng super di Desa Greges.

“Melalui pengembangan klengkeng ini, di Temanggung semakin banyak pilihan dan ini akan lebih menguntungkan petani, karena kalau tanaman seragam semua maka harga bisa jatuh,” katanya.

Pemilik CV Telaga Nursery Isto Suwarno yang telah mengambangkan kebun klengkeng di Prambanan Jawa Tengah, mengatakan program penanaman klengkeng itoh super ini masih baru dan sangat tepat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Melalui wisata agro, nanti pengunjung bisa memetik sendiri buah klengkeng dari pohonnya. Dalam hal ini ada inovasi klengkeng berbuah tidak hanya pada musimnya,” katanya.

Menurut dia, keunggulan klengkeng itoh super buahnya lebat, biji kecil dan dagingnya tebal.*

Baca juga: Ada kebun lengkeng dekat Borobudur

Baca juga: Balitbangtan siap distribusikan 50 ribu benih lengkeng

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019