Uncategorized

Menteri Puspayoga tegaskan pentingnya pemerataan kesejahteraan

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga menegaskan pentingnya pemerataan kesejahteraan ketimbang sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dalam acara Gathering Percepatan Pembangunan Karangasem Secret Soul of Karangasem The Spirit of Bali di Jakarta, Selasa, mengatakan pemerintah fokus untuk tidak sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi tinggi tetapi memeratakannya.

“Pemerintah salah satunya tugasnya adalah memeratakan kesejahteraan masyarakat bukan sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi saja,” kata Puspayoga.

Oleh karena itu, Pemerintahan Jokowi-JK fokus untuk mengembangkan infrastruktur sebagai instrumen untuk memeratakan kesejahteraan.

Menurut dia, dengan infrastruktur yang memadai maka ekonomi berbiaya tinggi bisa ditekan sehingga kesejahteraan masyarakat pun akan semakin merata di seluruh Tanah Air.

“Infrastruktur yang menjadi fokus Presiden Jokowi sangat membantu perputaran ekonomi,” katanya. 

Selain itu, Pemerintah juga mengucurkan dana ke desa-desa seluruh Indonesia sebagai upaya konkret dan bentuk pemerataan kesejahteraan.

“Dari Kementerian Koperasi dan UKM ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dulu bunganya 22 persen pertahun tapi di masa Pemerintahan saat ini bunganya dipangkas menjadi 9 persen dan saat ini bahkan sudah 7 persen pertahun,” katanya.

Selain itu, pajak UMKM yang sebelumnya 1 persen pun dipangkas menjadi hanya 0,5 persen sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada para pelaku UMKM di Tanah Air.

Terkait dengan program-program itu, Menteri Puspayoga menilai hal tersebut sinkron dengan program Percepatan Pembangunan Karangasem, Bali. 

Ia pun menyarankan pembangunan di wilayah Karangasem dititikberatkan pada pemerataan kesejahteraan. “Ada tiga jalan yang dapat ditempuh di antaranya percepatan pembangunan melalui dana APBN, sinergi dengan BUMN, dan menarik investor untuk masuk berinvestasi,” katanya.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemkab Karangasem dengan Maskapai Garuda Indonesia dalam upaya sinergi percepatan pembangunan di Karangasem. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Teknik Garuda Indonesia I Wayan Susena dan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Kerja sama tersebut melingkupi pendampingan para pelaku UMKM serta pengusaha pemula penggerak perekonomian yang menopang pariwisata Bali. Selain itu Garuda Indonesia juga akan memberikan dukungan terkait mobilitas dan konektivitas pelayanan jasa penerbangan.

Hadir pada kesempatan itu Tim Komunikasi Presiden AAGN Ari Dwipayana, Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, dan para tokoh asal Bali yang menetap di Jakarta dan sekitarnya. ***1***

Baca juga: Menkop sebutkan KUR 2019 lebih banyak diserap produktif UMKM

Baca juga: Menteri Puspayoga lantik enam pejabat eselon satu

Baca juga: Menkop lepas ekspor kopi perdana ke California

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019