Uncategorized

Kadin sebut digitalisasi bisa bantu produk Indonesia mendunia

Jakarta (ANTARA News) – Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Vince Gowan menyebut digitalisasi melalui e-commerce atau transaksi perdagangan dalam jaringan (daring) dapat membantu produk Indonesia mendunia.

“Durian kita saja bisa dijual online. Melalui online, e-commerce, kita bisa ekspor, semua bisa (diekspor),” tuturnya dalam Konferensi Future Commerce Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa.

Vince menyebut era digitalisasi seperti sekarang ini telah membuka peluang usaha di semua bidang. Selain lebih mudah, digitalisasi membuat transaksi jual beli menjadi lebih murah.

Ia menyebut, salah satu unicorn Indonesia yaitu GoJek membuatnya kaget karena menawarkan jasa salon yang lebih murah hingga 80 persen dibanding jika harus pergi sendiri ke salon. “Trennya seperti ini,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan ritel di masa mendatang akan sarat dengan sentuhan digitalisasi.

Dengan demikian, pelaku usaha dituntut untuk mengubah bisnis model mereka agar mengikuti perkembangan zaman.

“Pelaku usaha harus bisa menyerap teknologi agar dapat mengikuti perkembangan zaman, minat konsumen dan dapat tumbuh serta berkontribusi bagi ekonomi Indonesia,” katanya.

Ajang pameran dan konferensi Future Commerce Indonesia 2019 diharapkan menjadi wadah upaya mendorong perkembangan ekonomi digital di Tanah Air.

Digelar selama dua hari, yakni 29-30 Januari 2019 di Jakarta, kegiatan itu menghadirkan ritel terkemuka dari lintas industri dan teknologi dengan para perusahaan rintisan (startup) lokal dan internasional.

Konferensi yang diselenggarakan Clarion Events menampilkan teknologi digital terbaru yang inovatif untuk mencerminkan ekonomi baru di Indonesia.

“Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar dalam inovasi digital dan kami berharap acara ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia untuk tumbuh lebih besar dan diakui secara internasional,” kata Asia Managing Director of Clarion Events Richard Ireland. ***1***
 

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019