Uncategorized

Indef prediksikan topik Freeport dan infrastruktur hangatkan debat Pilpres 2019

Jakarta (ANTARA News) – Pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksikan beberapa topik akan dibahas secara hangat oleh kedua calon presiden (capres) dalam debat Pilpres 2019 babak kedua pada 17 Februari 2019.

“Soal sumber daya alam (SDA) pastinya yang akan dibahas yakni divestasi saham Freeport. Itu yang paling menarik untuk dijadikan bahan serangan dari capres penantang¬† maupun pembelaan dari capres petahana. Kemudian masalah Blok Rokan juga akan dibahas,” tuturnya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Dia juga memperkirakan topik infrastruktur akan menjadi bahasan hangat berikutnya serta kemungkinannya dikaitkan dengan masalah utang, penyerapan tenaga kerja, dan dampak berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah.

“Infrastruktur yang menurunkan biaya logistik tentunya akan memenangkan siapa pun presiden baru nantinya,” ujar Bhima di sela forum diskusi bertema “Ekonomi Indonesia Pascapemilu Presiden 2019”.

Sedangkan terkait topik bahan bakar minyak (BBM), dia memperkirakan topik ini akan menjadi topik populis dalam debat Pilpres 2019 babak kedua nanti.

Terkait dengan tema lingkungan hidup, menurut Bhima, kemungkinan tidak menjadi isu menarik dalam debat, mengingat masalah kebakaran hutan dianggap berhasil diatasi Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Debat Pilpres 2019 babak kedua, yang hanya akan menampilkan capres tersebut, digelar 17 Februari 2019 dengan tema bahasan adalah soal energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Baca juga: Akademisi: Paslon seyogianya tawarkan solusi dalam debat pilpres
Baca juga: Freeport hasilkan laba 2 miliar dolar saat stabil

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019