Uncategorized

Garuda tunggu keputusan KPPU soal tiket pesawat

Jakarta (ANTARA News) – Maskapai Garuda Indonesia menunggu keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait dugaan kartel tiket pesawat.

“Kami sampaikan semua dan sekarang kita tinggal menunggu dari KPPU saja,” kata Ari usai mengikuti simulasi keselamatan di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta, Rabu.

Ari menyebutkan pihaknya sudah dipanggil KPPU sebanyak dua kali, yakni saat mengambil alih pengoperasian Sriwijya Air Group dan terkait dugaan kartel tiket pesawat.

Dia menuturkan pihaknya telah menyampaikan kepada KPPU, terkait penentuan harga tiket, waktu tarif ditetapkan dan hubungan dengan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Inaca). 

“Itu sudah kita angkat semua,” katanya.

Terkait dengan Inaca, Ari menegaskan pihaknya lebih banyak membahas masalah teknis, bukan harga tiket.

“Kami untuk Inaca jarang sekali untuk menentukan harga, di Inaca itu hanya masalah yang menyangkut keselamatan, terus bagaimana kita menyuarakan keresahan maskapai kepada regulator. Itu saja kalau menentukan harga kita tidak bisa,” katanya.

Sebelumnya, KPPU telah memanggil Inaca dan Garuda Indonesia serta Kementerian Perhubungan terkait dugaan praktik kartel harga tiket pesawat yang belakangan ini terjadi kenaikan.

Saat ini, KPPU masih mendalami dugaan tersebut dari segi struktur biaya dan komponen lainnya.

Baca juga: Garuda sudah turunkan tarif di sejumlah rute

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019